Wednesday, December 10, 2008

Kejadian Dengan Probabilita Tinggi / Lanjutan Manajemen Resiko

Baca dulu :

HIGH RISK HIGH GAIN : Memang Benar tapi tidak semua kejadian merupakan kejadian HIGH RISK HIGH GAIN dalam artian tidak semua kejadian memiliki probabilitas RISK/GAIN yang sama. Namun semua kejadian pasti memiliki resiko, hanya kita harus menangani resiko dengan baik agar mendapatkan hasil yang baik pula.

Ambillah tebak Dadu. Jika anda melempar dadu dan anda menebak, pasti muncul angka Ganjil / 1,3,5 maka probabilitas menang anda adalah 1/2 atau 0,5 atau 50%.  maka Jika anda menebak yang muncul ganjil, maka RISK = GAIN. atau resiko sama dengan hasil.

Namun jika anda menebak, bahwa yang muncul pasti BUKAN angka 6, maka kemungkinan / probabilitas menang anda adalah 5 (angka 1,2,3,4,5) sedangkan kemungkinan kalah anda adalah 1 (angka 6).

Paham HIGH RISK HIGH GAIN tidaklah salah, namun tidak juga sepenuhnya benar, untuk medapatkan hasil maksimal, TIDAK SELALU harus disertai dengan RESIKO YANG BESAR PULA. ada kalanya datang kejadian dengan probabilitas tinggi. Bandingkan saja BUMI di harga 8000 dan BUMI di harga 800, kejadian mana yang menurut anda memiliki probabilitas menang yang tinggi ? tentu yang 800. 

Aplikasi :
1. Tidak selalu HIGH RISK HIGH GAIN, kadang muncul kejadian dengan probabilitas menang tinggi. anda tidak selalu harus mengambil resiko yang besar untuk mendapatkan hasil yang besar pula. 

2. Yang anda harus lakukan adalah MENUNGGU hingga kejadian dengan probabilitas tinggi itu datang ATAU, membatasi loss anda. Contoh walau kejadian dengan probabilitas NORMAL, misal RISK = GAIN, anda bisa membatasi loss anda hanya 1% dengan cara CUT LOSS tiap penurunan 1%. Jadi walau RISK = GAIN tapi anda membatasi kemungkinan LOSS anda tapi tetap membiarkan Potensi Gain anda. 

3. Saat datang kejadian dengan probabilitas menang yang Tinggi, JANGAN RAGU - RAGU untuk sepenuhnya terjun ke dalam pasar. 

4. masalah yang timbul adalah, bagaimana anda menemukan kejadian probabilitas menang tinggi tersebut. ada beberapa cara, untuk trader, bisa mempelajari TA secara mendalam, untuk investor, belajarlah membaca laporan keuangan dengan baik dan hanya membeli saham dengan harga yang MURAH MERIAH, misal membeli saham dengan PER di bawah 2. Untuk investor, makin murah saham yang anda beli secara fundamental serta memiliki prospek bagus. makin tinggi juga probabilitas anda untuk CUAN...

Catatan : baca kembali artikel2 di atas (yang ada lilnknya di awal) untuk membantu anda lebih mengerti. 

Semoga membantu,,,
=======================================
Dolgado
The Indonesia Stock Exchange Consultant
dolgado.blogspot.com
dolgadofund.blogspot.com
dolgado-data.blogspot.com


0 comments: