Monday, September 15, 2008

Rupiah Melemah, Pilih Saham Apa Donk

(kutipan jurnal saham VI/September/2008)

Untuk yang lagi pegang CASH dan ingin beri investasi di saham, saat bursa anjlok seperti ini tentu merupakan saat yang baik untuk masuk, Ada beberapa kriteria pilihan saham yang akan bertahan walau US menguat, Kriterianya antara lain : 

1.       Orientasi Export.

Karena jika US makin menguat maka export makin tinggi. Ada 1 skenario lagi kenapa pemerintah hinga saat ini bleum intervensi pelemahan rupiah walau cadangan devisa ada di atas $50 miliar, karena MUNGKIN sengaja membiarkan rupiah lemah sehingga Export meningkat dan Import teganggu guna menunjang export dan menghampat import agar neraca pembarayan Indonesia menajdi surplus. Sebab yang lalu adala neraca Indonesia Surplus kemudian minus lagi karena bermasalah di CPO entahkah itu karena pajak export yang tinggi atau karena larangan CPO dari Indo di Uni Eropa serta pakistan. Atau juga pengusaha bisa saja menggelapkan export.

2.       Hutang dalam USD kecil atau hutang dalam bentuk rupiah

Tentu saja jika hutang dalam bentuk US kecil maka pelemahan rupiah tidak akan menganggu pembayaran hutang dan bunga hutangnya.

Atau juga HUTANGNYA di HEDGE sehingga penguatan dollar tidak bepengaruh akan pembayaran hutang.

3.       Rajin Bagi Dividen

Sebagai Hiburan sambil juga menunggu capital gain. 

Selain syarat - syarat di atas juga tentu harus juga dipenuhi beberapa persyaratan dasar seperti kinerja manajemen yang baik dan tidak tarlelu agresive dalam mengembangkan perusahaan, profit margin yang tinggi, ada pertumbuhan profit yang konsisten dan juga inovasi dan gebrakkan - gebrakan produk perusahaan. 

Beberapa Nominator Dan harga beli yang cukup baik :

  • ANTM (Under 1000, best Price : 500) 
  • INCO (Under 2000, Best Price : 1000)
  • TINS (Under 1000, Best Price : 750)

ANTM, TINS, INCO Hutangnya makin menipis, sehingga makin solid atau makin kuat dalam menghadapi gonjang -  ganjing ekonomi, Turunnya harga minyak dalam jangka pendek akan memberikan sentimen negative kepada INCO, ANTM dan TINS namun dalam jangka panjang itu akan mengurangi COST produksi dn menaikan pertumbuhan ekonomi sehingga permintaan METAL menjadi lebih tinggi dan harga jualnya pun bisa kembali naik 

Nominator lain yang memenuhi 2 dari 3 syarat namun menurut kami juga amat baik, 

UNILEVER : UNVR.JK

Inilah saham Fundamental favorite kami, (kutipan jurnal saham VI/September/2008) Tentu saja kami memegang UNVR sebagai salah satu bagian terbesar di portofolio kami sehingg amata mungkin KABUR pada UNVR :

Mengenai produk Unilever tidak perlu diragukan lagi, produk produk unilever tiap hari memenuhi keseharian kita dan menemani kita dimanapun kita pergi. Mulai dari bangun pagi, mandi dengan sabun Lifebuoy/LUX (membuat lelaki terpana melihat anda), keramas dengan CLEAR/SUNSILK (rambus selembut sutra) , sikat gigi dengan PEPSODENT (GIGI SEHTA INDONESIA) , memakai deodoran AXE/REXONA biar bau badan tidak seperti bau kambing ^_^.

Buat kaum hawa, mungkin memakai Lotion CITRA (di RUMAH CANTIK CITRA bersama Maudy Kusnaedy) karena kulit sinta tidak seputih kulit santi, dilanjutan dengan Ponds agar mencegah penuaan (kalau bisa dicegah, dalam 7x pemakaian Andre kembali ke FIONA / Flawless White). Setelah itu nge teh dulu dengan SARIWANGI barulah mulai memasak dengan menggunakan KECAP BANGO (rasa memang tak pernah bohong) dan juga ROYCO agar masakan lebih enak. Serta BLUE BAND agar lebih Gurih. Setelah selesai masak, cuci piring dengan menggunakan SUNLIGHT (sapa tau Krisna Mukti datang inspeksi SUNLIGHT). Tiba – tiba si Adik datang nangis – nagis minta dibelikan TARO Snack dan juga Ice Cream WALLS. Dan si kakak minta dibelikan BUAH VITA (yang baru saja di akusisi oleh UNVR). Setelah itu papa pulang, BAU minta ampun, pakaiannya kotor, Nyuci ah, dengan RINSO (Kekuatan 10 TANGAN)

Di atas semua adalah PRODUK UNVR yang tiap hari kita temukan hampir di semua rumah di Indonesia. Dari kalangan paling melarat sekalipin (lifebouy, pepsodent) hingga kalangan menengah atas (PONDS). Iklan produknya menjadi iklan yang paing sering kita temukan, bahkan beberapa kita nantikan (ponds, sariwangi, AXE). Walau kadamg beberapa iklannya kontroversial. Produk  - produk UNVR hampir selalu menjadi market leader di kelas poduknya. Sebut saja AXE, RINSO, Lifebouy, Pepsodent (bahkan Odol gigi di idetikan dengan merek pepsodent).

Produk UNVR menemani anda menjalani keseharian hidup anda. Tidak ada salahnya sekalian seja menjadi  pemegang sahamnya, walau amat minoritas. Lebih lengkap di : http://www.unilever.co.id/

syarat yang tidak terpenuhi adalah UNVR : Tidak Ber Orientasi Export. Namun diantara saham - saham BEI, selama 10 bahkan 20 tahun terakhir hanya UNVR yang naik secara HAMPIR konsisten 2x lipat setiap 2 tahun. Memproduksi produk - produk sederhana yang dipakai setiap hari dalam kondisi apapun (well walau ekonomi kacau tetap pake life buoy, minum teh dan cuci pakaian kan,he3..). Dan manajemennya pun sangat kreatif dan inovativ terlihat dari berbagai iklan UNVR yang inovatif dan produk - produknya yang juga inovatif.

Dari segi fundamental peusahaan, UNVR memiliki growth YOY hampir selalu double digit serta memiliki Gross Margin 50% dan net profit margin 16%. sehingga cukup tahan menghadapi persaingan dan situasi ekonomi yang kurang baik.

==========================================================================

Best Price merupakan suatu harga yang diprediksi dalam minimal tiga tahun ke depan akan menghasilkan return 100%, salah satu strategi yang kami tawarkan adalah mulailah mengoleksi saham - saham di atas, tapi sedikit demi sedikit di average down hingga mencapai harga best price,kemudian lupakanlah selama tiga tahun ke depan. Saat ini bursa sedang bearish jadi harga bsia turun terus. Tentu saja jika fundamental perusahaan bagus maka tidak ada masalah. 


0 comments: